Friday, May 2, 2008

SAMSUNG L170

Multimedia Phone Berhias Metal

Fitur SGH-L170 mungkin rata-rata. Tapi desain full metal dan kualitas resolusi layar membuatnya cukup atraktif

Untuk pertama kalinya Samsung Mobile memperkenalkan L series. Kelas produk ini ditandai dengan desain atraktif dan menawarkan sentuhan fesyen berkelas Ini bisa terlihat pada warna krom metal yang membalut pada tampilan depan dan belakang SGH-L170l. Ukuran ponsel tidak terlalu besar, postur keypad juga dibuat full stylish. Tidak banyak instrumen menjadikan ponsel ini terlihat beda dan berkelas.

Soal fitur, belum ada yang terlalu baru. Malahan urusan kamera, Samsung kembali menempatkan resolusi 2 Mpix. Fesyen yang identik dengan hiburan diterjemahkan SGH-L170 dengan memberi pemutar musik multi format, bluetooth stereo A2DP dan radio FM yang dilengkapi RDS. Selain kemampuan video call, ponsel 3G ini juga mengandalkan navigasi dengan touch sensitive key. Malah ini pertama kali tingkat tingkat kesensitivannya bisa atur sesuai keinginan.

Layar
Layarnya lumayan tajam dengan TFT 262 ribu warna dengan resolusi 176x220 pixels. Namun layar SGH-L170 dirancang berukuran 1,6 inchi. Konsep user interface SGH-L170 mengacu pada seri ultra edition. Satu tampilan layar bisa menampung hingga 2 baris teks untuk pengetikan SMS.
Pengujian : Berbagai olah navigasi dan penggunaan menu-menu utama.
Nilai : 3,5.
Catatan : Layar ponsel memang terlihat sempit, dalam beberapa hal membuat kurang nyaman, seperti pada view camera.

Keypad
Keypad dirancang beda dengan seri-seri Samsung sebelumnya. Kontur keypad dibuat bergelombang, memisahkan antara deretan angka dan huruf. Selain itu, dua tombol softkey dibuat dengan sistem touch sensitive key, yang bisa diatur kadar sensitifnya. SGH-L170 seolah-olah dibekali tombol putar, tapi itu hanya variasi semata. Untuk navigasi tetap berlaku tombol 4 arah.
Pengujian : Olah ponsel untuk fitur musik dan kamera.
Nilai : 3,4.
Catatan : Diperlukan adaptasi untuk penggunaan keypad, namun cukup mudah dilakukan.

Port
SGH-L170 menggunakan port gabungan, menjadi kesatuan untuk fungsi charging, headset audio dan koneksi kabel data. Port dilengkapi penutup dan cukup mudah dalam penggunaan sehari-hari.
Pengujian : Digunakan untuk akses charging, headset audio dan radio.
Nilai : 3,5.
Catatan : Menjadi titik kelemahan port gabungan yakni saat charging misalnya tak bisa digunakan untuk koneksi kabel data.

Kamera
Kamera mengandalkan resolusi maksimum 2 Mpix. Fitur yang melengkapi terdiri dari white balance, efek, multi shot, self timer, zoom (3x) pada resolusi 1,3 Mpix, night mode dan link akses langsung ke blog/mail ShoZu. Tak ketinggalan terdapat menu panorama. Pengujian : memotret dengan resolusi maksimum.
Nilai : 3,6.
Catatan : zoom tak bisa dilakukan pada resolusi 2 Mpix, dan kamera depan (video call) tak bisa digunakan untuk capture.

Video Recording
SGH-L170 dibekali fungsi rekam video dengan resolusi 176x144 pixels. Secara umum kelenkapan fiturnya sama dengan menu kamera. Hasil kamera juga bisa langsung diakses ke intenet lewat Shozu. Moda rekam video bisa duatur dengan atau tanpa suara. Pengujian : Dilakukan perekaman singkat 30 detik.
Nilai : 3,2.
Catatan : resolusi yang kecil membuat kualitas rekaman kurang optimal. Juga disayangkan tidak terdapat flash light dan fitur video editing.

Internet
Jalur internet mengandalkan 3G, GPRS kelas 10 dan EDGE kelas 11. Untuk browser seperti biasa menggunakan NetFront. Kelebihan lain yakni bisa dinikmati fasilitas RSS feeds untuk koneksi cepat ke situs pilihan. Internet juga dilengkapi menu akses langsung ke Google Search dan Gmail.
Pengujian : membuka situs www.selular.co.id, seluruh halaman bisa terbuka dalam waktu kurang dari 50 detik.
Nilai : 3,8.
Catatan : Ukuran layar yang kecil membuat browsing kurang nyaman.

Messaging
Meski ukuran layarnya kecil, SGH-L170 dibekali fasilitas long message hingga 2295 karakter. Selain SMS, bekal MMS dan email POP3 sudah menemani kebutuhan. Lainnya ada menu input language dalam bahasa Indonesia, template, attachment dan convert dari SMS ke MMS.
Pengujian : Dilakukan uji coba pengiriman SMS dan MMS.
Nilai : 3,7.
Catatan : Dalam versi uji coba SGH-L170 belum dilengkapi fitur SOS message.

Kinerja
Secara umum semua fungsi ponsel bisa bekerja dengan optimal, apalagi semua setting GPRS sudah dipersiaopkan dengan baik. Sebagai catatan, ponsel ini memang tak dibekali cermin untuik self portrait, tapi tak masalah karena bagian back cover mengadiopsi warna krom. Kualitas musik sangat baik jika didengarkan lewat headset. Fitur multimedia dapat berjalan secara multitasking.
Nilai akhir: 3,6

Kinerja Baterai
Data Vendor : SGH-L170 mempunyai waktu siaga hingga 250 jam dan waktu bicara hingga 2,7 jam.

Hasil Pengujian : Ponsel yang dibekali baterai lithium Ion berkapasitas 880 mAh ini bisa bertahan dengan waktu siaga hingga 3 hari dalam pemakaian fitur minimal. Sedang pemutar musik bisa berjalan 8,5 jam sampai baterai habis. Sumber : selular.co.id

Lihat Harga Baru dan Bekas

3 comments:

Anonymous said...

jah memang ini HP khusus untuk kelas menengah aja (middle end user)
segala fasilitasnya serba tanggung, 2MP tapi tidak ada flash light dan zoom-nya, layar terlalu kecil khusus bagi para browser.

rangga said...

memang tanggung sih, seperti yang momonkachaw bilang. harusnya lebih tinggi lagi aja feature dan spec nya. harganya dimahalin pun ga jadi masalah saya kira

cheapest cell phone plans

Aria wirata said...

untuk bawaan nya apakah dibekali dengan cd untuk isntall di komputer ?