Thursday, March 20, 2008

HTC TOUCH



Lihat Harga Baru dan Bekas

HTC Touch adalah seri pertama dari merek HTC yang masuk pasar Indonesia. Dengan fitur penuh sensasi yaitu Touch FLO, yang memungkinkan lebih banyak sentuhan jari untuk mengoperasikan PDA ini. Dan yang lebih menarik dari sisi interface adalah Touch Cube, tampilan kubus tiga dimensi untuk akses ke daftar kontak, pemutar musik, video, foto, internet dan lain-lain.

Menggunakan sistem operasi Windows Mobile 2006, tampilan menu utama menjadi lebih fresh dan lengkap. Antara lain fitur untuk mengetahui keadaan cuaca sesuai lokasi kita dan beberapa shorcut launcher ke menu dan program yang sering kita gunakan.

Setelah HTC mengakuisisi Dopod beberapa waktu lalu, secara global sudah tidak ada lagi PDA keluaran terbaru bermerek Dopod. Padahal merek Dopod di Indonesia sudah mulai dikenal masyarakat. Namun para petinggi di HTC merasa lebih percaya diri dengan merek HTC untuk seri PDA terbarunya. Nah tinggal masyarakat yang menilai kehadiran pemain lama dengan merek baru tersebut.

Desain PDA
Ditelusuri seluruh bodinya, tak ada sudut-sudut yang tajam sehingga enak dilihat dan digenggam. Selain itu juga terkesan minimalis, karena tak ada jajaran keypad dan shorcut button lainnya. Hanya ada tombol untuk membuat panggilan telepon dan memutus pembicaraan serta tombol navigasi 5 arah. Ukurannya relatif kecil dan ringan untuk ukuran PDA dengan dimensi 99.9 x 58 x13.9 mm dan berat 112 gram. Permukaan bodinya dilapisi bahan dof berwarna hitam, dipercantik dengan lis berwarna silver mengelilingi sisi-sisinya.

TouchFLO™
Diyakini model full touchscreen yang bisa mengkakses berbagai macam fungsi PDA ini akan menjadi tren. Fitur TouchFLO™ memberi pengalaman baru untuk mengoperasikan PDA dengan menggulung atau menggeser layar dengan sentuhan jari saja. Misalnya kita membuka daftar kontak yang panjang, dengan mengusapkan jari ke arah atas maka daftar kontak yang di bawah akan bergeser ke atas. Ditambah fitur Touch Cube, tampilan seperti kubus 3D yang bisa mengakses ke tiga submenu. Pertama ke daftar kontak favorit, kedua untuk mengakses foto musik dan video, ketiga untuk ke email, SMS, internet, kalender, task dan comm manager. Tapi tampaknya untuk menulis SMS, email dan menulis di Word masih harus menggunakan stylus pen, sehingga PDA ini masih menyertakannya.

Port
Selintas port yang terlihat hanya satu saja, yaitu port mini USB yang ada di bagian bawah. Port USB ini bisa berfungsi untuk charger, kabel data dan headset. Dimana letak port microSD dan SIMCard? Ternyata setelah dibuka cover baterai baru terlihat, dan harus dibuka penutupnya yang berada di sisi kanan bodi PDA. Jadi baterai tak perlu dicabut untuk menyisipkan SIMCard dan microSD.

Menu Utama
Pertama kali melihat menu utama ada hal yang baru. Selain Start window yang umumnya ada pada Windows Mobile 5.0, kini dengan sistem operasi Windows Mobile 6 Professional ada tambahan tiga submenu yaitu home, weather dan launcher. Jika kita sentuh home, di layar akan tampil jam digital dengan ukuran cukup besar dan dibawahnya ada shorcut untuk ke messaging dan phone. Jika kita sentuh ikon weather (ikon matahari), kita bisa mengetahui keadaan cuaca hari ini dan empat hari ke depan. Data cuaca otomatis di download dari situs www.accuweather.com asalkan kita terhubung ke internet lewat WiFi, ActiveSync, atau GPRS. Launcher berfungsi sebagai shorcut pembuka untuk program atau fitur favorit yang paling sering kita gunakan. Ada sembilan kotak yang bisa kita isi sesuai dengan program atau fitur favorit.

FITUR
Aplikasi Mobile Office
Seperti pada PDA umumnya, fungsi mobile office sudah lengkap ada di PDA ini. Untuk membuka file PDF sudah dilengkapi Adobe Reader LE versi 2.0. Jika kita sudah membuka file PDF, untuk memperbesar, menggeser ke kiri/kanan atau ke atas bawah cukup gunakan jari saja, layaknya kita gunakan dengan stylus pen. Aplikasi office terkumpul pada folder Office Mobile, kita bisa membukanya pada Start>Office Mobile. Di sini sudah ada aplikasi Excel, PowerPoint dan Word Mobile. File kantoran yang masih berformat zip (dipadatkan) bisa juga dibuka di sini, karena file zip bisa dimekarkan oleh aplikasi Zip.

Masih seperti di Windows Mobile 5.0, untuk PowerPoint hanya bisa menampilkan slideshow saja tidak bisa mengedit file yang sudah ada. Untuk Word dan Excel kita bisa membuat dan mengedit sekaligus pada perangkat ini.

Fungsi kalkulator lebih nyaman digunakan, dengan angka-angka dan simbol yang cukup besar mungkin orang tak menyangka jika ini adalah PDA. Karena menggunakannya sama seperti kalkulator biasa tinggal pencet-pencet saja di layar. Selain fungsi kali, bagi, tambah, kurang ada juga kuadrat dan persentase seperti kalkulator dagang.

Untuk proses sinkronisasi kita harus menggunakan Microsoft ActiveSync versi 4.5, karena jika di laptop atau PC kita masih menggunakan versi sebelumnya tidak bisa terkoneksi.

Kamera 2 Mpix
Kualitas kamera 2 Mpix sudah cukup untuk membuat album pribadi. Memotret seperti layaknya kamera digital, layar berubah fungsi menjadi viewfinder dan dilengkapi tombol shutter di sisi kanan sehingga memudahkan pengambilan gambar. Pembesaran gambar (zooming) bisa diatur 2 sampai 10 kali tergantung ukuran piksel yang diinginkan. Misalnya untuk kualitas 1 Mpix (960×1280) pembesaran hanya bisa 2kali, untuk ukuran small (120×160) pembesaran bisa 10 kali. Sedangkan untuk ukuran 2 Mpix (1200×1600) tidak bisa dilakukan pembesaran.

Audio dan Video Player
Seperti halnya Windows Media Player versi desktop, pada versi mobile ini cukup banyak mendukung berbagai macam format file audio dan video. Untuk format audio mendukung format WAV,MP3, MIDI, AMR Narrow Band, AMR Wide Band, AAC, AAC+ and eAAC+, MPEG4 audio dan QCELP. Sedangkan untuk format video mendukung format MPEG4 Simple Profile, H.263(3gp), H.264(mp4), Motion JPEG (avi). Dengan menggunakan Windows Media Player versi terakhir di PC, digital media file bisa disinkronkan dengan perangkat ini. Proses sinkronisasi bisa dilakukan secara otomatis atau manual. Fasilitas playlist memudahkan kita untuk pemilahan dari beberapa kategori musik pilihan.

Kualitas suara cukup bagus yang keluar dari spikernya. Untuk mengoperasikan music player sangat mudah, karena semua bisa dikontrol dengan sentuhan jari kita. Menu-menu untuk pause, play, next, preivous, volume level cukup lapang untuk disentuh dengan jari.

Menonton streaming media bisa secara langsung dari halaman web yang memiliki link RTSP (real time streaming protocol) . Program Streaming Media dapat memutar file 3GP, MP4 dan SDP (session description protocol).

Konektivitas
Mengandalkan bluetooth, WiFi, dan kabel mini USB untuk transfer data atau untuk koneksi ke internet. Cukup sensitif mengenali sinyal dari akses poin yang ada di ruang redaksi Selular. Begitu koneksi WiFi diaktifkan dari Comm Manager langsung tertangkap sinyalnya. Koneksi bluetooth juga tidak lancar-lancar saja ketika menerima file gambar dari ponsel merek lain. Koneksi yang tidak ada adalah infrared. Jika ingin sinkronisasi ataupun koneksi ke PC atau desktop harus memakai Microsoft Activesync 4.5

Internet dan Email
Menu dan tampilan IE Mobile layaknya IE di desktop. Jika koneksi internet sudah terhubung lewat WiFi atau GPRS kita bisa berselancar ke dunia maya di mana saja dan kapan saja. Ketika berselancar ada berbagai menu seperti menyimpan favorit, memperbesar/memperkecil tampilan, history, refresh dan lain-lain. Untuk menghemat tagihan GPRS ketika berselancar kita bisa mengatur agar gambar-gambar tidak perlu tampil, hanya teks saja yang bisa kita lihat. Ketika halaman web sudah terbuka menggeser ke samping dan ke bawah cukup dengan jari saja, layaknya kita menggunakan stylus pen. Tapi harap maklum untuk kecepatannya yang hanya berjalan di jalur GPRS, karena belum mendukung 3G. Agar lebih nyaman, lebih baik kita terkoneksi internet di hotspot WiFi yang memiliki speed lebih tinggi.

Diuji mengirim dan menerima email tak ada kendala. Perangkat ini mendukung POP3, IMAP dan Outlook email yang bisa disinkronkan dengan Microsoft Exchange Server, web base email seperti yahoo mail, AOL, dan email account yang menggunakan VPN. Diuji menggunakan email account selular.co.id berjalan baik, kami bisa membuka email dari kolega berikut attachment.

PERFORMA
Fungsi Telepon
Kualitas suara ketika melakukan pembicaraan cukup bagus. Membuat panggilan telepon menggunakan layar sentuh merupakan sensasi baru, tak perlu keras-keras seperti memencet tombol keypad ponsel biasa. Karena belum mendukung 3G kita tidak bisa bervideo call dengan lawan bicara.

Baterai
Dengan kapasitas baterai Lithium Ion 1100 mAh mampu bertahan dipakai selama 3 hari dengan intensitas yang agak banyak untuk bertelepon, SMS, memutar lagu dan video. Tapi ketika diuji terus menerus berinternet dan memutar lagu hanya bertahan kurang dari 10 jam. Meski vendornya mengklaim waktu bicara bisa mencapai 5 jam dan waktu siaga hingga 200 jam.

Fungsi Office
Membuka file-file Office seperti word, excel, powerpoint serta file PDF cukup cepat, dalam uji coba membuka file office hanya dalam hitungan beberapa detik. Kita bisa membuat dan mengedit file Word dan Excel, tapi untuk file power Point kita hanya bisa menampilkan slide show saja.

Respon Menu Touch FLO
Fitur unik Touch FLO yang menjadi keunggulannya cukup bagus performanya. Ketika jari diusap ke arah atas dari batas logo HTC, dengan cepat beralih ke menu Touch Cube. Diusap ke samping kanan atau kiri juga tak ada jeda. Sehingga kita bisa memaksimalkan penggunaan layar sentuh pada berbagai menu dan fiturnya.

Nilai Lebihnya:
- Desain lebih menarik, ditambah dengan balutan dof antigores di bagian belakangnya
- Sensasi fitur Touch FLO, tak hanya lebih bergaya juga lebih cepat beralih ke berbagai menu dan fitur.
- Mendukung beragam protokol email
- Kamera 2 Mpix, untuk foto dan video.

Kekurangannya:
- Belum mendukung 3G dan HSDPA
- Kurang lengkap koneksitasnya tanpa infrared. Sumber : BlogPonsel

4 comments:

Unknown said...

aya beli HTC Touch kira2 sebulan yang lalu. beberapa hari yang lalu saya naik pesawat dari Pekanbaru ke Jakarta, jadi HTC saya matikan, setelah sampai di airport cengkareng HTC saya hidupkan lagi, tapi muncul kerusakan garis warna hitam, garis-garis putih horizontal yang semakin jelas, sehingga mengganggu saat membuka picture. Apakah ada yang punya pengalaman yang sama? bagaimana solusinya?

Anonymous said...

mungkin karena airport nya cengkareng...coba kalo airport juanda surabaya....mungkin garisnya putih..........................

Anonymous said...

iya bener coba ke airpoet surabaya bukan hanya garis putihnya .. dengan hape sekalian bisa hilang... bonek bloon

Anonymous said...

Klu HP mahal, jarang bgtu fren.