Thursday, March 20, 2008

HTC TYTN II



Lihat Harga Baru dan Bekas

Dambaan Para Mobilers
Belum lama seri HTC Touch beredar di pasar local, kini vendor Taiwan HTC meluncurkan produk kedua yakni HTC TyTN II. Boleh jadi perangkat satu ini merupakan peranti impian para mobilers. Hal ini terlihat dari beragam fitur terkini yang sudah disertakan, seperti GPS plus peta digital, mobile internet dengan HSDPA, mobile office, Blackberry. Pabrikannya juga tak luput membekali fitur hiburan untuk menambah sempurna HTC TyTN II.

TAMPILAN
Perangkat ini memang nampak besar sesuai dengan besar dan full-nya fitur mutakhir. Tambahan modul GPS dan desain slider serta keyboard QWERTY membuat makin lengkapnya tampilan seri ini. TyTN II juga dilengkapi dengan fitur Touch FLO yang memungkinkan kita mengoperasikan perangkat ini dengan menyentuh layar memakai jari-jari tangan saja.

DESAIN
Bayangkan sebuah leptop saat kita mengetik dan meletakkan perangkat ini di atas meja. Keunikan layarnya yang bisa diatur dengan kemiringan sudut 45 derajat menjadi nilai tambah. Dalam keadaan tertutup di bawah layar terdapat tombol navigasi 5 arah, shorcut ke start menu, internet explorer, messaging, dan tombol untuk bertelepon. Kamera tambahan untuk video call terletak di bagian kiri atas. Di belakangnya ada lensa kamera 3 megapiksel.

MENU
Ada dua bagian tampilan menu di seri ini. Tampilan awal shorcut-shorcut dan menu lain seperti appointment, Map King dan Blackberry security. Untuk shorcut bisa menampilkan beberapa pilihan seperti home, favourite people, weather, launcher dan pengaturan ringtone. Jika kita memilih home maka akan muncul jam, messaging, SMS dan call register. Pada favourite people kita bisa memasukkan daftar kontak sembilan orang yang sering kita hubungi berikut fotonya.

Untuk mengetahui perkiraan cuaca hari ini dan empat hari ke belakang kita bisa pilih weather yang berikon matahari. Sedangkan pilihan launcher adalah shorcut untuk masuk ke aplikasi atau fitur di PDA ini, dan bisa diatur sesuai dengan keperluan yang sering kita gunakan. Di pojok kanan paling atas terdapat running program controller. Di sini kita bisa memantau program apa saja yang sedang berjalan.

PROSESOR
Banyaknya fitur yang tentu saja bakal membuat kinerja ponsel jadi lamban, sudah diantisipasi oleh vendornya. Bekal prosesor buatan Qualcomm berkecepatan 400Mhz, dan RAM 128 MB (kira-kira setingkat PC Pentium III di era 90-an) akan membuat kinerja lebih cepat dan ringan.

TOUCHFLO™
Ini merupakan fitur anyar buat pengguna HTC. Bernama TouchFlo, kita akan mendapat pengalaman baru untuk mengoperasikan PDA dengan menggulung atau menggeser layar dengan sentuhan jari saja. Misalnya kita membuka daftar kontak yang panjang, dengan menyapukan jari ke arah atas maka daftar kontak yang di bawah akan bergeser ke atas.

SLOT HOT SWAP
Slot yang paling unik dan memudahkan penggunanya adalah untuk SIMCard. Karena terletak di bagian belakang jika PDA digeser, tak perlu repot membuka cover baterai atau membongkar bodinya. Sebaiknya pada saat memasukkan atau mencabut SIMCard, PDA dalam keadaan mati. Slot memori eksternal berjenis micro SD berkapasitas hingga 2 GB juga ada di bagian bawah tak jauh dari port USB.

MOBILE OFFICE
Aplikasi Mobile Office lengkap ada di PDA ini, seperti Word Mobile, Excel Mobile dan Power Point Mobile. Aplikasi lain yang mendukung untuk dokumen kantoran seperti Adobe PDF Reader dan Zip untuk mengembangkan atau memampatkan file-file. Kita bisa membuat dan mengedit file Word dan Excel, tapi untuk Power Point hanya bisa melihat slide shownya saja. Sebuah file presentasi power point sebesar 7,42 MB berhasil ditarik dari ponsel lain melalui Bluetooth Explorer dengan catatan waktu 6 menit 10 detik. Ketika file tersebut dibuka, perpindahan antar slide membutuhkan jeda waktu beberapa detik, terutama yang slide yang berisi image dengan ukuran besar.

ZIP
Bila kita dikirimi file berekstensi .zip dari kolega, di PDA ini juga sudah tersedia aplikasi ZIP untuk mengekstraknya. Keperluan kantoran lainnya yang sederhana seperti kalkulator dapat digunakan dengan mudah. Kita bisa memakai jari-jari tangan untuk memencet angka-angka di layar untuk berhitung layaknya kalkulator konvensional.Untuk proses sinkronisasi kita harus menggunakan Microsoft ActiveSync versi 4.5, karena jika di laptop atau PC kita masih menggunakan versi sebelumnya tidak bisa terkoneksi.

KAMERA
Dengan kualitas 3 Mpix, kualitas gambar maksimal yang dihasilkan berukuran 1536 x 2048 pixel. Sedangkan untuk merekam video, resolusi maksimal adalah CIF (352 x 288 pixel atau setara dengan resolusi VCD). Saat diuji merekam video dengan resolusi CIF berdurasi 1 menit dan format video mp4, membutuhkan ruang memori sebesar 2662 kb (2,6 MB). Untuk memotret ada berbagai pengaturan seperti white balance, effect, metering mode dan lain-lain. Pada saat merekam video, fungsi zooming tidak berjalan dan begitu pula jika untuk memotret pada resolusi maksimal.
Sayangnya kamera yang sudah berkualitas cukup tinggi di kelas PDA ini belum dilengkapi dengan flash light maupun cermin self potrait. Kamera tambahan berkualitas VGA yang ada di bagian depan kiri atas berfungsi untuk video call.

MEDIA PLAYER
Seperti halnya Windows Media Player versi desktop, pada versi mobile ini cukup banyak mendukung berbagai macam format file audio dan video. Untuk format audio mendukung format MP3, AAC, AAC+, WMA, WAV, and AMR-NB. Sedangkan untuk format video mendukung format MP4, WMV dan 3GP.
Kualitas suara yang keluar dari speakernya cukup bagus. Untuk mengoperasikan music player juga mudah, karena semua bisa dikontrol dengan sentuhan jari kita. Menu-menu untuk pause, play, next, previous, dan volume level cukup lapang untuk disentuh dan dikendalikan dengan jari. Menonton video streaming bisa secara langsung dari halaman web yang memiliki link RTSP (real time streaming protocol), melalui program streaming media.

KONEKTIVITAS
Mengandalkan bluetooth, dan kabel mini USB untuk transfer data. Sedangkan untuk koneksi internet nirkabel pada hotspot bisa menggunakan WiFi. Seperti ketika dicoba mengakses jaringan WiFi di ruang redaksi Selular, perangkat ini sensitif mengenali sinyal dari akses poin. Koneksi bluetooth juga lancar-lancar saja ketika menerima file gambar dari ponsel merek lain. Koneksi yang tidak ada adalah infrared. Jika ingin sinkronisasi ataupun koneksi ke PC atau desktop harus memakai Microsoft Activesync 4.5

INTERNET
HTC TyTN II mendukung koneksi mobile internet mulai dari GPRS, EDGE, 3G (384 kbps) dan HSDPA (3,6 Mbps). Jadi dengan PDA ini kita bisa menjelajah dunia maya dengan cepat, download file besar seperti video dan MP3, menonton video streaming dan kebutuhan akses internet cepat lainnya, asalkan kita berada di jaringan operator yang mendukung 3G/HSDPA. Selular menguji dengan mengirim dan menerima email di account selular.co.id. Hasilnya berjalan baik dengan membuka email berikut attachment dari kolega. Sebagai tambahan, perangkat ini mendukung POP3, IMAP dan Outlook email yang bisa disinkronkan dengan Microsoft Exchange Server.

GPS
Mobile GPS dan peta digital dari Map King adalah paduan untuk memandu kita mencari alamat atau posisi. Dalam peta digital ini ketika diuji sudah ada peta Jakarta. Respon GPS cukup cepat ketika diuji di redaksi Selular. Tak lebih dari 10 detik dalam keadaan cuaca sedikit berawan lokasi kantor Selular terlihat pada posisi S 6 16’ 52,3” dan E 106, 49’ dan 39” dengan akurasi +/- 20m. Posisi PDA ketika diaktifkan GPSnya berada di jendela lantai 3, sedangkan pada peta digital ujung tanda panah berada di jalan raya.

KINERJA
Kualitas suara ketika melakukan pembicaraan cukup bagus. Membuat panggilan telepon menggunakan layar sentuh merupakan sensasi baru, tak perlu keras-keras seperti memencet tombol keypad ponsel biasa. Uji video call dengan rekan kami yang menggunakan ponsel lain, gambar dan suaranya cukup baik.

BATERAI
Dengan kapasitas baterai Lithium Polimer 1350 mAh mampu bertahan dipakai selama 3 hari dengan intensitas yang agak banyak untuk bertelepon, SMS, memutar lagu dan video. Sedangkan menurut vendornya waktu siaga untuk GSM sampai dengan 365 jam, untuk UMTS sampai dengan 350 jam. Waktu bicara untuk GSM sampai dengan 420 menit dan untuk video call sampai dengan 120 menit. Sumber : Selular.co.id

No comments: